Senin, 01 Februari 2010

TRENDNYA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK

TRENDNYA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK


dari tahun ke tahun dunia teknologi mengalami kemajuan yang begitu pesat . Mulai ari komputer , handphone , dan laptop . kini komputer begitu modern dan canggih engan fasilitas internet . Bahkan pelaku pasar internet telah lama merilis laptop dengan fasilitas internet tanpa kabel . Bukan hanya di dunia komputer saja , tetapi terjadi di dunia handphone fasilitas 3G yang memudahkan akses internet langsung dari handphone penggunanya dengan harga yang tidak begitu mahal .

Dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih , moment ini ternyata tidak di sia-siakan oleh para remaja untuk memanfaatkan dunia maya di Indonesia . semakin murahnya komputer dan layanan internet di Indonesia mendorong para remaja untuk memanfaatkan jasa internet . selain itu , barang seperti handphone dan laptop bukan termasuk barang yang mahal . faktor inilah yang membuat para remaja menggunakan internet . “ sekarang buktinya tukang bakso saja punya hp 3G . hebat banget ! “ tutur salah satu temanku saat berbicang di angkot .

Kini sebut saja situs jejaring sosial yang sedang booming di masyarakat yakni facebook . Memanfaatkan kesempatan ini untuk merebut pasar internet supaya selalu di buka orang . Terbukti , demam facebook yang melanda para remaja Indonesia di sebabkan oleh faktor-faktor tersebut . situs yang di kunjungi dan log in berjuta-juta orang tiap harinya . Menjadikan facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan pendapatan jutaan dolar . para fesbuker yang di dominasi oleh kaum remaja ini telah lama memanfaatkan fasilitas seperti menjalin pertemanan , urusan perkantoran , sharing , curhat , dan cari jodoh . Situs ini sempat menyedot perhatian publik karena di cap haram oleh MUI tanpa alasan yang jelas . Entah mengapa ? para remaja Indonesia tetap memilih facebook dalam kegiatannya sehari-hari .

Walaupun situs yang terkenal ini punya pengunjung yang banyak , tanpa si sadari oleh kita situs ini mempunyai kekurangan dan kelebihan selain itu merugikan dan menguntungkan , lho ? kelebihannya adalah kita dapat menjalin hubungan sosial antar teman di lingkungan kita . Bahkan orang yang kita kenal . bukan hanya itu saja , beberapa bulan yang lalu ada kasus yang menyangkut pimpinan KPK . setelah itu dengan adanya situs ini para remaja dan masyarakat bisa berinteraksi dan lebih peka terhadap permasalahan . Situs ini juga memperkuat hak kita sebagai warga negara yang bebas menyuarakan pendapat dan pikiran kita secara tidak langsung .Namun minusnya adalah menyedot para remaja menjadi pemalas dan melakukan pembuangan waktu . seharusnya di pergunakan untuk hal yang berguna . Terdapat pepatah barat yang mengatakan “ times is money “ artinya adalah waktu adalah uang yang sangat berharga . “ bermain facebook tidak cukup 1-2 jam saja . tetapi menyita waktu yang sangat lama dan hal itu tidak terasa oleh kita , selain itu facebook membuat kita lupa dan ketagihan ingin selalu mengakses facebook tiap hari . “ ucap tanteku saat silaturahmi ke rumah saya . bukan hanya itu saja dampaknya , tetapi facebook juga terkadang di salah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab . seperti penipuan , pemalsuan , dan sebagainnya .


Jadi , tidak selamanya facebook itu baik untuk kita , namun merugikan dan bermanfaat bagi kita selaku penerus bangsa . dan jangan terlalu beranggapan bahwa facebook itu merusak generasi , tetapi ada juga manfaat untuk kita juga , karena teknologi berfungsi untuk mempermudah bukan mempersulit hidup kita . setiap sesuatu ada kekurangan dan kelebihannya , karena di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali tuhan , bener enggak?
so, terserah anda ? dan terserah berargumen seperti apa ? tetapi yang pasti kita memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin , dan jangan sampai merugika kita . ok ?
maju terus teknologi !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar