Rabu, 02 Desember 2009

Masa Kolonialisasi di indonesia

1. Masa Herman Willem deandles ( 1808-1811 )



tindakan yang sewenang-wenang membuat indonesia sebagai daerah koloni belanda . apalagi dengan VOC kekuasaan kolonial semakin berlanjut .


beberapa kebijakan pemerintah terhadap indonesia adalah :


- Melakukan pembangunan jalan raya pos anyer sampai panarukan . langkah ini di lakukan untuk alat transport bagi belanda . dalam hal ini belanda melakukan kerja paksa yang memaksa bekerja tanpa upah .



- Mengenakan pajak setinggi-tingginya terhadap rakyat . hal ini jelas bisa menyengsarakan bangsa indonesia yang telah kerja paksa dan di peras tenaga dan hasilnya kepada belanda .


- Melakukan ikut campur terhadap keraton jawa . belanda untuk menguasai daerah yang tidak mau mengakuinya . belanda dengan cerdik mengadu domba dan mencampuri urusan keraton , terutama masalh jawa . mengapa ? karena jawa kaya akan tenaga kerja dan tanah yang subur yang dapat menghasilkan rempah-rempah . tentu ini menguntungkan belanda .


2. Masa Thomas Stamford Raffles ( 1811-1816 )



 Pada saat inggris menguasai hindia belanda , hal ini di sambut baik oleh petinggi keraton . dan kali ini inggris menugaskan raffles untuk menguasai daerah jawa .


 Program yang di berlakukan pada saat itu adalah 


- Menghapuskan rodi atau tanam paksa di indonesia .
- Memperhapus perbudakan
- melaksanakan sistem pajak bumi , jika orang-orang bukan petani di kenakan pajak kepala .


- membatasi kekuasaan bupati
- menghapuskan pelayaran hongi .
membagi pulau jawa ke 16 karesidenan .


walaupun hanya beberapa tahun , indonesia bisa beristirahat dan bernafas lega sementara . situasi ini dapat meringankan beban rakyat yang menderita akibat kerja paksa . 


3. Kembalinya Kolonialisasi Belanda



 kali ini indonesia mesti kembali seperti dulu , setelah inggris kalah oleh belanda yang di bantu perancis . namun kali ini belanda memerintahkan van den bosch untuk menjalankan pemerintahan .
 Kemudian salah satu sistemnya adalah tanam paksa , nampaknya hal ini menguntungkan . namun sebaliknya hal ini malah merugikan indonesia . kebijakan ini membuat rakyat terlunta-lunta karena di jadikan buruh tanpa di banyar dan dengan menyerahkan hasil pertanian mereka , sementara indonesia tidak dapat apa-apa .
 Setelah berjalan sekian lama , kaum liberal belanda memaksa agar mengganti sistem menjadi ekonomi terbuka , akhirnya belanja menyetujui kebijakan ini . sistem ekonomi terbuka adalah sistem yang membebaskan penanaman modal asing . hal ini jelas merugikan pengusaha pribumi . mengapa ? karena jelas pengusaha luar lebih kaya dari pengusaha pribumi . Dan akhirnya para pengusaha indonesia kembali miskin dan membuat indonesia makin terpuruk setelah belanda juga mebuat undang-undang buruh . undang-undang ini masih sama seperti rodi pada zaman deadles , seperti :
            1) pengusaha boleh berlaku sewenang-wenang
            2) memberlakukan sistem rodi 
            3) memperkerjakan tanpa upah , dll .
Dan akhirnya indonesia terpaksa menderita selama 350 tahun .


  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar